(Review) Dilan 1990


Yes, I’m back dengan tergopoh-gopoh nulis setelah nonton ini film. Jadi, beberapa kali wacana mau nonton dengan beda-beda orang dan hasil akhir gagal semua, akhirnya saya ngajakin Mbak Tiva yang sekalian mau bayar utang #hahaha hari ini untuk nonton. Rencananya pengen banget nonton ini film sebelum masuk asrama dan jadi trainee produce 101. Yess, maka saya bujuk-bujuk Mbak Tiva buat nonton ini film dan dia maukk #yeeeeegakknontonsendiri. Maka dari itu kite janjian ketemuan di Artos, pas ngantre tiket udah mepet banget yang tayang jam 11, trus berhubung film ini jatah layarnya banyak banget -tiap tiga puluh menit ada coyy #aslibanyak-, kita jadinya pilih yang tayang jam setengah dua belas. Sambil nunggu, kita main gundu. Nggak ding!

Setelah masuk ke studio nomor 2, hampir setengah studio keisi dan kebanyakan anak-anak sekolah dan orang pacaran. Kita sempat bingung, ni bocah-bocah pada bolos ye, kok banyak anak-anak sekolah keliaran di jam-jam segitu si. Trus sebelum filmnya mulai, ada Iqbal tiba-tiba nongol dan ngomong yang intinya, “Maaf saya tak bisa bersama kalian karena harus balik ke Amerika untuk sekolah.” Seraaah Bal seraaah dehh. Film ini berangkat dari sudut pandang Milea kayak bukunya, trus adegan awal kayak di trailer yang ngomongin ramal-meramal ketemuan di kantin, Mbak Tiva ngakak so hard, aku mesem-mesem doang. Ceritanya seputar Dilan dan Milea, perjalanan mereka mau jadian.. Iya, satu jam lima puluh menit kita bakal diajak untuk liat gimana lika-liku jalan mereka mau jadian. #hooh.



Gilaak yaaa, si Iqbal ini melampaui ekspektasi jadi Dilan. Secara kan pas dulu awal-awal khalayak ramai pada kagak terima si Iqbal ini jadi sosok Dilan yang ikonik banget. Menurut ane si Iqbal cocok-cocok aja, karena mendingan sebelum nonton gak ada ekspektasi apa-apa. Mulai dari mimik muka, gestur, cara ngomongnya dapet banget dan merepresentasikan Dilan yang tengil tapi memesona kaum hawa. Untuk debut Vanesha yang jadi Milea surprisingly juga kece, pas deh pokonya. Trus jalan ceritanya persis kayak yang di buku tapi ga semua tokoh ada. Film ini pakem dengan bukunya dan memvisualisasikan bukunya dengan kece.




Setiap si Dilan ini ngegombal, cewek-cewek satu studio pada kesengsem manjaah teriak-teriak dan pada baper gitu, trus yang cowok-cowok mungkin pada mbatin aja, “babik”. Joke-joke yang ada sukses bikin ketawa meski gak semua. Beberapa weakness film ini: tokoh-tokoh pendamping yang kurang banget dieksplor, come on! ini ada Wati, Piyan, Susi, Anhar atau bahkan Disa yang kurang kegali. Mereka kayak tempelan, padahal ada Disa yang kiyowoooh banget #sumpah. Trus Dilan yang jadi “panglima tempur” gengnya juga kurang greget, pas adegan fight aja sama Anhar yang sedikit kerasa, padahal bad boy banget di bukunya, si Dilan versi Iqbal agak sante si menurut ane kagak ngotot-ngotot banget. Iya, di beberapa part ada Dilan yang ngelucu sama Milea, tapi mereka kayak ga tau ada kite-kite yang nonton, alhasil mereka asyik sendiri ngelucu #hellooowwhhhweareheregaaeeees. Trus sebenarnya film ini bisa aja rampung cepet tanpa bertele-tele tanpa adanya perpindahan scene yang banyak, itu lho misal shoot matahari terbit, shoot rumah tokoh utamanya, langit dan pohon-pohon. Iya, menurut ane, banyak banget pindah scene ga penting, kesannya jadi lama dan ganggu.




Trus adegan mereka telpon-telponan juga banyak, sempat mikir si tadi di bioskop. Kalo di filmnya ga ada telpon jangan-jangan setengah jam udah bubar ni film, dan si Dilan kalo nelepon lewat telepon umum biar memberi kesan anak jalanan banget. Padahal di rumahnya ada telpon #sukasukaDilandong #ditampolceweksatustudio. Dan setiap ada telepon di rumah Milea dan yang ngangkat si Bibik, kenapa Bibi harus bisik-bisik ke Milea ngasih tau siapa yang telpon padahal yang lain bisa denger juga, why Bik why??? Kemudian klimaks di film ini kayak gak ada, sepanjang film agak mikir si di mana klimaksnya karena lupa isi buku, trus endingnya udah gitu aja. Yeesss, meski emang ada sekuel tapi kentang banget coyy kayak lagi sayang-sayangnya trus pergi ninggalin gitu aja...dan film ini cuma mau kita liat mereka jadian. #WhyBikWhy



Terlepas dari semua itu, kita suka sama konten ceritanya. Romantis ala-ala anak SMA zaman dulu yang unik dengan cara mereka. Percakapan romantis receh ala Dilan yang kesannya sederhana tapi menarik untuk diikuti. Yes, dulu ada Boy, Lupus, Rangga, anak zaman sekarang punya Dilan yang jadi sosok ikonik dan memorable. Cowok yang sukanya gombal tapi bad boy dan punya cara unik untuk ngedapetin Milea, mulai dari ngasih TTS, kerupuk, ramalan asal-asalan, hingga perhatiannya ke Milea yang gentle banget. Khalayak ramai pasti suka dengan film ini. Pengambilan gambarnya pas meski ada penggunaan CGI yang gengges abis, kece tu pas Dilan sama Anhar berantem dan glinting-glinting, kamera juga ikut muter-muter biar kite ngrasa jatoh kayak si Anhar waktu ditendang Dilan. Musiknya lumayan, merepresentasikan zaman dulu.

Saya gak benci sama filmnnya, menghibur kok #asli. Bahkan saya menunggu sekuelnya, Dilan 1991. Tapi saya lebih suka bukunya di mana Dilan dan Milea merepresentasikan kisah roman sederhana yang nyenengin untuk dibaca. Apalagi quote-quote bertebaran di mana-mana yang bisa dijadiin twit, status, meme, bahkan caption insta. Booming banget omongan Dilan yang ini, “Jangan rindu, Berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja”, di mana-mana pasti baca atau denger kalimat ini, sampai anak sekolah yang nonton di bangku belakang sampe ngucapin dialog ini dulu ketimbang si Iqbal pas adegan telpon-telponan sama Milea. Heloowh dek, yang berat itu ga cuma rindu, kehidupanmu setelah SMA itu juga bisa jadi lebih berat. Oke bye. #stillfaboulustonyinyir
Rate 7/10.



Semua gambar dari sini .

You Might Also Like

0 comments