Catatan di Polewali Mandar #11

The Things You Missed #1

Ketika bangun tidur tiba-tiba saja kangen dengan hal-hal yang dilakukan di Polewali Mandar. Rutinitas yang udah setiap hari dikerjakan jadi membekas sampai sekarang. Banyak hal yang ane lakukan di sana dan langsung saja ambil note di samping tempat tidur kemudian ngelist hal-hal yang jadi rutinitas ketika di sana - rindu untuk melakukannya lagi. And this is my routine that I missed in Polewali Mandar….

Tidur
Top list yang agak nyeleneh, kenapa ane kangen tidur di Polewali. Ini karena ane hobi banget tidur, jadi di Polewali ane selalu tidur di manapun apalagi kalo ada bantal, udah deh pasti langsung pelor -hanya kesyumukan yang dapat membangunkan tidur ane. Tempat ternyaman tentu saja kursi sudut yang jadi tempat tidur ane selama setahun di sana. Tiga hari pertama kedatangan ane di Polewali dan disambut hangat oleh keluarga Bapak, ane tidurnya di kamar dengan kasur super empuk dan nyaman banget asli - jadi ga pengen untuk bangun pokonya. Setelah itu ane memilih kursi sofa di luar kamar untuk jadi my next place for sleeping. Iya kursi sudut bentuk L yang kadang ditemukan di rumah-rumah pada umumnya. Ane jatuh hati dengan kursi tersebut, pernah ane tidur di kasur penghancur badan (Bapak punya bed yang pegasnya udah nongol-nongol dan bikin sakit badan - secara permanen jadi tempat tidurnya Pi'i) dan punggung ane meronta-ronta kagak tahan. Finally, pada kursi sudut bentuk L ane berkata, “Everything comes back to you…!” ululululululu. Sering ane pindah-pindah tu posisi kursi karena kadang ada tokek nyebelin banget dari atas buang tahi dan pasti jatohnya di kursi. Untung aja pas ane tidur kagak kena tu tahi #sujudsyukur. Di sekolah ane juga pernah tidur, ini dikarenakan kagak ada kerjaan dan di sekolah cuma bertujuh, di ruang tamu kan ada kursi kayu tuh, saking bosan dan capek awal-awalnya baring-baring doang kagak tahunya ketiduran #niat. So, inilah kenapa tidur jadi rutinitas yang sangat-sangat ane rindukan.

 Pose tidur sekseeeh ane

Telepon di Malam Berbintang
Kurang so sweet gimana coba? Jadi setiap telepon emak bapak dan temen-temen di Jawa pasti saya lakukan di malam hari. Tempat favorit sudah jelas di balkon lantai dua rumah panggung Bapak. Seret aja kursi plastik ke luar - temukan tempat nyaman - pasang earphone - teleponan deh hmmm. Dan ditambah dengan view rasi bintang-bintang yang kece binggo, hal ini ga setiap malam si. Kalo pas lagi langit cerah aje, bintangnya banyak banget dan konfigurasinya cantik #asli. Pokonya romantic momen dan syahdu pas telepon ya di Polewali, kadang bisa berjam-jam telepon emak dan ngomongin banyak hal sambil memandang bintang. Momen syahdu tiba-tiba dirusak sama Widhi pas teriak dari rumah samping, “Eh itu tu Sagitarius yang kayak panah keliatan, yang merah agak gede tu planet Mars”. #iyainaja.

Nimba Air Pas Mati Lampu
Jadi di rumah Bapak dan Kakek hanya ada satu sumur dan itu pun pake sanyo. So, kalo mati lampu sudah pasti airnya kagak keluar dari keran. Di Campalagian, intensitas mati lampu itu tergolong sering dan unpredictable banget, kagak pagi-pagi buta maupun pas maghrib menjelang malam. Maka, jika saat mati lampu dan kita butuh banget air, kita nimba! Biasa si keliatannya, but akitivitas ini tu memorable banget. Coba bayangkan ketika pada belom mandi atau kebelet pup, rebutan kamar mandi dan jadi kacau balau udah kayak film The Hunger Games. Apalagi kalo pagi-pagi dan mau berangkat sekolah, hahahaha. Kadang kalo sore hari, ane ga boleh mandi duluan. Karena beberapa kali ane mandi dulu, tiba-tiba mati lampu disaat yang lain pada belum mandi dan itu gak satu-dua kali. Makanya ane disuruh mandi belakangan #kejam. Kadang kalo malem mati lampu, berdoa biar ga pipis tengah malem, jarak kamar mandi rumah Bapak ke sumur emang ga jauh tapi horornya itu lhoh coyy, jadi mending pipisnya sebelom bobok. #justinfo.

Berkebun
Di samping rumah Bapak ada lahan kosong lumayan luas, Mas Budi punya ide buat nanem sayur-mayur. Ya ane sih sama sekali ga berbakat buat berkebun, pegang pacul aja kadang tremor. Tapi bisalah kalo cuma nyiram-nyiram atau mbedholi suket - tapi kadang malesnya minta ampun. Yang ditanam aneka macam sayur-mayur yang bisa dimakan. Bergiliran nanem biji kangkung, bayam, terong, cabai, jagung. Kalo masa panen, bisa sebulan makan sayur kangkung terus, atau goreng terong dan bikin sambel terong terus. Lumayan ngirit kaga beli sayur karena tinggal petik aja kalo mau nyayur. Trus saking banyaknya sayur pas panen, kita kadang bagi-bagi ke tetangga atau guru-guru SMP. Tapi pas kita mau pulang udah pada ga mau ngurus lahan, Bapak pernah nanem jagung tapi hasilnya kagak bagus, kata bapak kagak manis dan rasanya aneh. Jagungnya banyak yang dibuang karena udah tua, tapi sebagian dibuat bakwan jagung #anesampemabokbakwan.


 Atas: sebelum di tanami. Bawah: kangkung, cabai, bayam udah tumbuh

Gitaran
I am so proud with myself, hooh. Di Polewali ini akhirnya ane bisa maen gitar dan nyanyi satu lagu dengan permainan gitar sendiri. Prookproookprrok. Pak Ahmad (kepsek pertama yang jemput kita di Dinas Pendidikan) punya gitar akustik yang bagus, belajar dari Pi'i dan Mas Bud, finally bisa genjreng-genjreng gitar meski cuma nada-nada dasar macam C, D, G, Am, Em, F. Itu udah jadi bekal banget karena rata-rata lagu gampang nadanya pake nada-nada dasar. Yess, release stress banget dan favorit place buat gitaran itu di tangga, because kalo di lantai bawah (Rumah Bapak adalah rumah panggung) suaranya macem menggema jadi apik pokonya. Ehh pas mau dua bulan sebelum balik, gitarnya diambil Pak Ahmad. Adasih gitar sekolah, tapi kata ane si suaranya bagusan gitar Pak Ahmad.

Nyebrang Maloso Pake Perahu Motor
Maloso adalah bahasa Mandar dari sungai, jadi ada sungai besar yang memisah kecamatan Campalagian dan Mapilli. Pertama nyebrang sungai pake perahu motor itu ketika ada monitoring evaluasi dari pusat di Mapilli. Baliknya kita jalan kaki dan nyebrang pake perahu motor karena lebih dekat nyebrang ketimbang lewat jalan poros. Sensasi naik perahu motor pertama kali itu excited dan deg-degan banget, gimana ni kalo kelelep atau mogok di tengah sungai. Masalahnya meskipun jarak antar tepi ga terlalu jauh dan hanya beberapa menit saja, tapi aliran air sungai lagi deras-derasnya. Bahkan kata murid-murid ada buayanya juga #yakali. Tapi ternyata aman-aman saja ketika sampai tepi, malah rasanya nagih dan pengen ngelakuin lagi. Beberapa kali nyebrang sungai pake perahu motor itu sewaktu promosi sekolah di SMPN 3 Mapili, trus ke Wonomulyo (alternatif ga lewat jalan poros), dan emang sekadar buat ngrasain sensasi naik perahu motor. Jadi pas sepedaan sore ane ketemu Cenceng (salah satu murid) yang mau pulang - rumahnya Mapilli jadi harus nyebrang sungai. Iseng deh ikut naik dan sekali bolak-balik naik perahu motor. Ini dikarenakan yang punya perahu motornya bapaknya Wahyu (salah satu murid juga) dan dia kadang yang nyetir perahunya -bantu bapaknya gitu. Jadi saya rame-rame bareng Cenceng, Sherly, Noni, Supia, Wahyu, dan Pahri naek perahu motor -dan saya super excited dan seneng ditambah gratis pula #serius. Oh iya, tarif nyebrang untuk satu orang cuma seribu perak dan motor dua ribu.




Duduk di Bawah Pohon Rindang
Kenikmatan hakiki siang menuju sore yang panas itu ketika duduk di bawah pohon rindang sambil minum ale-ale orange dingin. Jadi pas masih semester satu dan bangunan SMA masih belum jadi, kite kan numpang di SMP sebelah. Nahh, waktu itu kantor SMP jarang dibuka kalo sore. Alhasil meski kita ga ada jam ngajar, kita tetap masuk dan duduk-duduk di bawah pohon rindang ntuh. Jadi kite cuma nungguin yang ngajar sekaligus ngawasin murid-murid biar pada kagak pulang kalo pergantian jam atau gurunya gak dateng ngajar. Jadi duduk di bawah pohon mangga ini bikin adem karena sejuk, dan kadang kalo pas musim mangga kite sama murid rame-rame makan mangga yang masih kecut dengan hanya dicocol ke garam. Dan pas hujan baru deh kita pindah di emperan kantor.



Nyuci Baju
Ini aktivitas dua kali dalam seminggu yang sungguh sangat luaar biasaaaa ngangenin. Jadi di rumah Bapak ada balkon lantai dua di belakang buat tempat nyuci dan jemur pakaian. Di sana aktivitas mencuci dilakukan, kadang bisa sepulang sekolah, sore abis mandi, atau pagi-pagi sebelum berangkat ke sekolah. Karena hari minggu udah dicup sama Pi'i dan Anggri, maka sisanya selain hari minggu kalo mau nyuci. Soalnya bisa-bisa nanti rebutan tempat jemur dan hangernya. Meski ga dijadwal, tetep aja kudu bilang kalo mau nyuci biar bisa gantian. Kadang ane kalo nyuci ditemenin Mama, diajak ngegosip mulai dari A sampai Z dan kadang sampai Mama lupa sedang masak sayur! Ahahahahahhaa. Kalo pas anginnya kenceng kudu sering-sering dicek jemurannya, soalnya hampir semua pernah mengalami di mana pakaian ang dijemur kabur kanginan sampai antartika -sebutan ane untuk zona kebon belakang rumah tanahnya tetangga.


Nyuruh-Nyuruh Pi’i dan Widhi
Jadi duo Wonogiri ini yang paling sering ane suruh-suruh kalo di sana. Ini ngangenin banget sumpah. Jadi mereka adalah sosok-sosok yang mau aja ane suruh-suruh. Hahahahahahhaa. Kadang tanpa tedeng aling-aling ane nyuruh, “Pi’i cetotin itu dong (sambil nunjuk kabel charger),” atau kadang teriak, “Pi’i nitip teh gelas dong kalo mau ke kak Rabi.” Meski dengan muka enggan dan bibirnya nyungir-nyungir, tapi pasti dia lakuin apa yang ane minta. Kalo si Widhi -si bungsu- ane sering banget nyuruh-nyuruh mulai dari nitip nyuciin baju, gorengin tempe, bikinin milo anget, setrikain baju pokonya predikat Mbok Yem udah nempel ke dia -penghargaan khusus buat lo ini Wid-. Widhi kalo disuruh pasti marah-marah dulukk, tapi tetep dia lakuin juga #hahdasar. Pokonya nyuruh-nyuruh mereka itu kebanggan tersendiri, liat deh muka mereka yang awalnya gamau tapi tetep jalan (abis mereka baca ini pasti langsung chat marah-marah deh).


Poto bareng Mbok Yem dan Mang Diman

Masih banyak hal yang saya kangenin, tunggu part dua yes..!


You Might Also Like

0 comments