Catatan di Polewali Mandar #10

Selamat Datang di SMADA Idol

I’m back..I’m backk sodara-sodaraaaah! Jadi atas berkah yang diberikan Tuhan, saya masih bisa menulis tulisan yang sebenarnya gapenting tapi meninggalkan kesan #iyainaja. Jadi corner Catatan di Polewali Mandar kembali dengan cerita asyik lainnya yang so pasti sudah ditunggu-tunggu khalayak ramai.

Kali ini saya mau membawa story tentang ajang nyanyi super kece di SMAN 2 Campalagian (baca Catatan di Polewali Mandar #1), tidak lain tidak bukan SMADA Idol. Yuhuuu, sekarang-sekarang kan lagi booming Indonesian Idol 2018 ntuh, jadi saya keinget bahwa kami juga pernah ngadain ajang serupa di kalangan terbatas saja. Jadi ini idenya mas Budi untuk mengisi jam kosong setelah tes kenaikan kelas. Pertama kita tawarin ke murid-murid dulu pada mau kagak lomba karaoke terngehitss abad ini di Katumbangan #agakmaksa. Awalnya pada gak mau si, tapi setelah kita kasih waktu beberapa hari mereka buat mikir, mereka pada mau daftar dengan iming-iming hadiah piala untuk juara I,II, dan III (Hooh. . ..kita sampai patungan buat beli pialanya di Pasar Wonomulyo). Sehari sebelum kontes menyanyi terdahsyat ini, kita ngadain yang namanya coaching clinic (sumpaah ngakak so hard ini beneran).

Jadi ada 3 coach yang siap membimbing mereka agar waktu pentas tuh maksimal gitu, ya ini ala ala the voice gitu pokonya. Tiga coach yang siap mengarahkan mereka untuk penampilan maksimal mereka yakni ada: Aris Lasso, Dewi Mo, dan Anggriawan Hermansyah (Ini lebihhh ngakak tau mereka jadi juri ala ala - niat banget yess). Jadi ada beberapa kontestan kan ini, nah mereka milih mau dicoach siapa. Setelah itu mereka akan dilatih dan dibimbing supaya perform dengan kece #iyainaja. Saya dan mas Budi jadi host, Tondo Mananta dan Budi Purba (ini lebihh maksaa lagi - namanya juga buat rame-ramean aja).


Ki-Ka: Rahmat Dhani, Anggriawan Hermansyah, Dewi Mo, Aris Lasso

Penampilan Tondo Mananta dan tiga piala kece!

Keesokannya adalah hari-hari yang ditunggu, sedari pagi saya udah nyuruh Yogi, Andi, dan Amir untuk ongkot-ongkot sound dan alat karaoke dari rumah (kebetulan Bapak Saega punya sound dan alat karaoke yang kece), tapi kita play file karaokenya pake laptop karena kebanyakan pada pake file karaoke donlot dari youtube. Nahh, tiba-tiba mas Budi mundur dari posisi host karena dia mau jadi operator (karena kagak ada yang ngoperatorin). Alhasil saya sendirian deh buat ngehost acara spektakuler ini #degdegan. Kenapa harus ada operator, because selain untuk play file karaokenya, ada video perkenalan peserta sebelum tampil ala-ala idol beneran. Yang buat mas Aris video perkenalannya dan banyak banget, dia buatnya sampe jam 3 pagi karena malam sempet mati lampu #sukurin #ketawajahat.

“Assalamualaikum SMA Negeri 2 Campaaaaaaaaaa. Welcome to Smada Idol,” yahh saya heboh banget buka acaranya padahal yang nonton ga ada 50 orang. Namanya juga buat rame-rame - kata orang mah show must go on kaan.
“Selamat datang di acara kontes menyanyi paling spektakuler di Katumbangan,” lupa-lupa inget ya gak bilang ini. Maklum aja, kita ngadain ini acara pada tanggal 23 Mei 2017. Setelah itu saya sebagai host ngenalin mereka-mereka yang jadi juri, ada Aris Lasso, Dewi Mo, dan Anggriawan Hermansyah (masih ngakakk), ditambah juri tamu yakni Rahmat Dhani (Rahmat ini guru asli SMAN 2 Campalagian -ala ala jadi Ahmad Dhani). Ada 15 peserta yang memperebutkan title SMADA Idol season pertama ini.

Pertama ada Dewi, jadi Dewi ini adalah kontestan pertama yang tampil dengan membawakan lagu dari Najwa Latif yang berjudul Carta Hati (sumpah saya ga tahu siapa Najwa Latif ini, sepertinya penyanyi dari Malaysia, lagunya yang berjudul Sahabat bagus lho serius). Dewi ini suaranya bagus dan surprisingly semuaanya tuh pada-pada bagus gitu suaranya mengawali penampilannya dengan duduk kemudian di tengah lagu berdiri dan nari-nari kecil. Setelah perform kemudian juri komentar, yaa. . . . kayakk idol beneran lah pokonya.

Si Dewi yang pake koreo dikit

Next ada Wahyu. Wahyu ini awalnya kagak mau tampil awal-awal karena grogi istilah kerennya demam panggung gitu. Dia nyanyi lagunya Anji yang berjudul Dia, hooh waktu itu di sana lagi ngehits-ngehitsnya ini lagu. Jadi tak heran kalo lagu ini jadi rebutan. Dan suaranya alamak kecil-kecil cabe rawit. Tapi ya karena ada efek demam panggungnya gitu ada beberapa part yang salah masuk. But keberanian dia udah okelah bawain lagu sebesar ini.

Wahyu nyanyi Dia-nya Anji

Selanjutnya ada Masud. Masud ini digadang-gadang jadi calon kuat kandidat juara, waktu coaching clinic aja doi kerenn banget (aye nonton pas coaching clinic jadi tahu). Membawakan lagu galau Luka Di sini dari Ungu, padahal key pas dan cocok banget ini lagu sama materi vokal Masud, tapi dasar dia grogian kalo diliat banyak orang, penampilanya jadi ga sesuai ekspektasi. Ada kesleo sedikit waktu part reff, but his vocal tetep kerenn kok.


Masud dengan gaya kecenya!

Next ada Lisma. Lisma bawain lagu Mandar yang saya ga tau judulnya (lupa asli). Katanya (di video perkenalan) lagu ini menceritakan seorang perempuan yang mengingat kisah cinta lamanya #alamak. Dan surprisingly dia jadi kuda hitam karena tampil oke dan beda dengan keseharian Lisma. Meski kita ndak tahu arti lagunya, Lisma mampu membuat kejutan dengan tampil oke, nada tingginya kece. Di tengah-tengah lagu Ilham bawa kembang untuk Lisma #yasalam.


Lisma lagi dikomentarin abis nyanyi

Performer selanjutnya ada Tri, cewek bertubuh bongsor ini juga kalo udah nyanyi keliatan beda. Ga nyangka suaranya bagus. Membawakan lagu dari Armada berjudul Pemilik Hati. Awalnya oke dan berjalan sebagaimana mestinya, tapi pas reff jeeeenggjeeeng dia tiba-tiba nangis dan bikin gempar seisi aula. Pertanyaannya waktu itu, apa iya Tri sebegitu menjiwainya ini lagu. Pasti pas reff dia nangis, sebagai host “mumpuni” dengan gerak cepat saya mengajak penonton untuk bernyanyi - masih dengan efek kaget pastinya. Dari host berubah sekejap jadi koordinator penonton untuk sama-sama nyanyi, “kau terindah kan slalu terindah, aku bisa apa tuk memilikmu……kau terindah kan slalu terindah, harus bagaimana ku mengungkapkannya…… kau pemilik hatikuuuuuuuuu…”. ululululululu kita jadi karaoke berjamaah dan setelah lagunya rampung si Tri ngeluyur sambil nyeka air matanya kagak mau dikomentarin dan keluar dari aula. #semangattri! #lifemustgoon!


Penghayatan Tri sampai bikin dia nangis

Selanjutnya ada Rahim yang juga digadang-gadang jadi salah satu kandidat juara juga. Bawain lagu galau pada masanya: Terendap Laraku dari Naff. #lagudalembanget. Tapi ya namanya lomba, apapun bisa terjadi. Si Rahim nyanyinya malah balapan sama lagunya. Pupus sudah kesempatan dia jadi juara, padahal menurut saya dia yang paling punya teknik dan materi vokal. #byebyepiala.


Gayanya udah kece banget padahal, Rahim balapan sama tempo

Ada Indah nyanyi lagu Mandar berjudul Teluk Mandar, smooth dan ekspresif sih kata saya. Suaranya pas, karena mungkin udah makanan sehari-sehari ini lagu. Dia nyanyi mulus tanpa hambatan. . . .#nice.


Nice Ndah Nice!

Ida peserta selanjutnya yang bawain lagunya Firman - Kehilangan. Memilih lagu ini adalah keputusan berani si. Nada tingginya itu lho coyy,,, dan benar saja ada part yang suaranya Ida kagak nyampe. Ehh dianya malah ketawa waktu kagak nyampe nyanyiinnya. #tepokjidat


"Da, kamu nadanya ndak sampai malah ketawa"

Lis, membawakan lagu Mandar sama kayak Indah - Teluk Mandar - dengan meyakinkan. Performance kece karena dia ekspresi sedihnya dapet banget ditambah dengan suaranya yang bagus dan cocok membawakan lagu-lagu kayak gini. #twothumbsup


Penghayatan Lis sampe merem-merem gitu

Next ada Rahma yang bawain lagunya Fatin, Aku Memilih Setia. Penampilannya memorable banget pokonya. Mulus ga ada salahnya, menghibur dan kayak udah khatam banget sama ini lagu. Penjiwaannya dapet dan aktingnya juga oke. Kece pokoknya. Dapet standing ovation dan tepuk tangan meriah dari penonton. Sampe juri Anggriawan Hermansyah aja kasih kembang (tapi bentuknya kayak rumput).


Surprise moment Rahma dikasih kembang

Ada Rico, satu-satunya rocker yang gayanya slengean abisss.. penampilannya oke padahal, bisa jadi kuda hitam juga, tapi dia liat video yang ada liriknya di dinding (pake proyektor pinjem SMP sebelah). Suara rocknya cadasss banget dan gayanya si oke. Membawakan lagu Slank berjudul Ku Tak Bisa. Memorable juga performance dia, one thing: nada tingginya nyampe pas mau coda. #nice.


Rocker Rico!

Rina adalah kontestan selanjutnya. Rina membawakann lagu dari D’Paspor yang berjudul Buku Harian. Lagu ini musiknya kaya band-band Malaysia gitu. Aye sih kurang tahu sama lagunya. Tapi penapilan Rina oke si dan lancar-lancar aja.


Rina yang colourful, her shoes is pink everybodeeh..

Duo Hijab in action! Yapp, satu-satunya duo yang ada di kontes ini. Perpaduan suara Padlia dan Sherly menyanyikan lagu hits lainnya: Surat Cinta untuk Starla by Virgoun. Suara sumbang Sherly malah bisa jadi harmoni yang oke dipadukan dengan suara Padlia. Memorable karena satu-satunya duo, awalnya gak mau jadi duo setelah saya paksa mereka mau juga dengan iming-iming piala tentu saja #dasar.


Kiri Padlia - Kanan Sherly, mereka duo hijab!

Maryam membawakan lagu Mandar yang memang vokalnya ini cocok-cocok aja dengan lagu-lagu berbahasa Mandar. Penampilanya oke dan lancar jaya. #kece.


"Maryam senyum dulu mau dipoto tuh"

Ilham. Ilham ini kasus spesial karena kelabilannya ikut kontes ini. Dia ga ikut coaching clinic di hari sebelumnya, tahu-tahu njedul di hari H dan bilang pengen ikut. Bikin panik orang-orang karena suruh donlotin lagu di youtube. Iyeess, bener banget. Lagunya itu didonlot pas hari H dan acara udah mulai. Kadang aye tanya ama Widhi sebagai koordinator talent, “Gimana Wid si Ilham udah dateng? Udah dapet lagunya?” bikin panikk coyyy. Membawakan lagu Tabir Kepalsuan dari Rhoma Irama, Ilham ini juga liat lirik mulu. Kesiapannya kurang dan ya penampilan sekedarnya aja. Padahal potensi dangdutnya ada lhoh.


"Hadap penonton dong Ham!"

Selesai deh, 15 peserta menyuguhkan penampilan terbaik dari mereka. Saatnya juri berunding menentukan siapa yang berhak membawa pulang title SMADA Idol season 1 dan piala kece. Waktunya pengumuman, saya sebagai host kece mengumumkan lima besar untuk SMADA Idol season 1 ini. Dewi, Lis, Rahma, Indah, Maryam. Salah satu dari mereka akan menjadi juara. And here is.. Congratulation for Lis jadi juara ketiga, Maryam jadi juara kedua, dan the one and only. . . .Rahma is SMADA Idol Season 1. Congratulation!





“Saya Tondo Mananta pamit! Sampai bertemu di SMADA Idol season selanjutnya!” *yakalo ada, kitenya udah pulang ke Jawa. #dadahdadahmanjaaah.

You Might Also Like

1 comments