(Review) Bad Genius


Sepandai-pandainya tupai melompat, ia akan jatuh juga.
Yuhuuuu… I’m back with review’s corner. Jadi apa relation antara tupai dan review kali ini. Jadi review kali ini membahas film dari Thailand yang so badass.. yap, ada Bad Genius yang release tahun 2017 kemarin. Kenapa saya memilih film dari negeri gajah putih ini untuk direview. Hooh, film ini menjadi my top list film Thailand setelah Teacher’s diary, A Crazy Little Thing Called Love, ATM Errak Error, Love Siam, dan Pee Mak. Film-film legendaris yang surprisingly sangat menghibur dan membekas sampai detik ini #oposih. Here we go, ada Bad Genius: film anak SMA yang bikin deg-degan dan digarap dengan luar biasa!

Oh iya, sampai forget, lalu untuk pembaca budiman yang bertanya peribahasa di awal tulisan buat apa? Tenang brosis, kita akan beberkan sekelumit ceritanya yang mindblowing banget. Jadi ada siswa cewek yang bernama Lynn (Chutimon Chuengcharoensukying - susah kan bacanya, sama! ini namanya dapat dari google dan copas aja, saking takutnya ada yang kelewat satu huruf sodara-sadara!), Lynn ini pinternya kebangetan pokonya, beda sama anak yang lain. Hobinya ngitung dan suka mikir out of the box pokonya, lhoh kok bisa? Nanti saya jelaskan. Awalnya Lynn ini adalah murid pindahan yang super duper baik tapi ga punya temen. Lalu kenal-lah dia dengan cewek yang dodolnya minta ampun bernama Grace (Eisaya Hosuwan). 

Jadi pas ulangan matematika si Grace ini minta diajarin sama Lynn yang pintar. Dan ndilalahnya soal ulangan ini plek-ketiplek sama soal-soal yang Grace dan Lynn buat belajar. Tapi ya namanya dodol, si Grace ini ndak ingat sama sekali jawaban yang udah dikasih tau sama Lynn (masa iya satu dari sekian jawaban pun ga ada yang inget - plis dong!). Lynn tau kalo soalnya plek ketiplek tapi si Grace kadung ga bisa ape-ape dan panik sendiri, ehh si Grace malah ngajak Lynn untuk ikutan panik, atas dasar sifat Lynn yang bak malaikat, dia berbaik hati ngasih contekan ke Grace. Tapi ngasih contekannya ngeselin banget, super ribet dan gak efektif-efisien abis. Jadi si Lynn ini nulis semua jawabannya ke penghapusnya dan penghapus itu ia masukkan ke sepatunya. Next, dia seret sepatunya ke belakang (kebetulan si Grace duduk di belakangnya Lynn) dan ngajak si Grace tukeran sepatu, pas udah ketuker si Grace malah ngasih sepatunya ke Lynn kejauhan - balik lagi ke asas Grace ini dulu kepalanya kejedot jadi otaknya agak geser. Deeengggdennnggdenggg! (hellloowwh mbakbroo, lu lempar aja tu penghapus kan beres!! greegeet!).
Tapi yang emang si Lynn ini hobinya adalah mikir out of the box ya kan, suka-suka dia mau ngasih contekan kayak apa, jadi penonton juga diajak buat sebisa mungkin ngomentarin dan maki-maki adegan mindblowing ntuh. Huft.
Kejadian Lynn yang nyontekin Grace dengan keberuntungan itu buat Grace jadi nilai-nilainya naik. Hal in imembuat pacar Grace bernama Pat (Teeradon Supapunpiny - haduhh namanya) jadi tertarik buat ikutan nyontek Lynn. Dasar si Pat ini tajir-melintir anak horaangkayaah, dia mau bayar si Lynn untuk jawaban-jawaban yang diberikan kelak saat ujian. Gak tanggung-tanggung, Pat ini bawa bala-bala dari kelas mereka yang juga mau nyontek si Lynn. Lynn yang juga butuh banget uang akhirnya menyanggupi bisnis gelap ntu. Jadi Lynn ini mikir gimana caranya biar kegiatan contek-menyontek berjamaah ini kagak ketauan guru-guru. Terbersitlah ide dengan membuat gerakan tangan saat main piano dengan lagu klasik((LAGU KLASIK MEEN)), jadi klo jawaban A nanti jari-jarinya miano lagunya Mozzart atau Bethoveen - ndak tahu persis lagu siapa (ya kelessssss!!). 


Bala-bala yang nyontek juga terima-terima aja dengan gerakan main piano itu -whaat theee! Semua sorak-sorak horaay dengan keberhasilan contek-menyontek berjamaah itu. Hingga datanglah murid pinter lainnya yang hobinya ngehapal dan denger musik klasik (apa orang pinter mesti dengernya musik klasik?) bernama Bank (Chanon Santinatornkul - gagal paham sama nama orang Thailand yang hobi naruh huruf konsonan ketemu konsonan). Bank ini adalah murid pinter di sekolah selain Lynn, tapi Bank ini orangnya lurus-lurus aja dan kagak kepikiran buat nyontekin.

Hingga waktu ujian rame-rame di aula gitu semua kebongkar gara-gara Bank. Bank ini ga tau kalo ada kegiatan contek-menyontek berjamaah dengan sumber jawaban dari si Lynn. Bank taunya temennya nyontek Lynn, lalu Bank ini ngadu ke pengawas sampai ibu kepsek, ketahuan deh kalo Lynn nyontekin karena kertas buat itung-itungannya beda sama tipe soal yang ia kerjakan. Hoooh, next problem adalah soalnya beda tipe. Aduuh nontonnya gregetaan banget pokonya. Lynn jadi ilang beasiswanya dan kesempatan sekolah di luar negeri, sampai bokapnya marah-marah #ikutsedih. Tapi dasar Lynn nya ndablek dan ia butuh duit untuk sekolah ke luar negeri, ia mau-mau aja bantuin Grace dan Pat untuk tes STIC (kayak toefl - SAT gitu kali ya). Nahh, ini lebih mindblowing coyy metodenya. Jadi si Lynn ini harus ke Australia (iya bener AUSTRALIA!) dulu ngerjain soalnya baru ngasih tau yang ada di Thailand -kirim pesan lewat handphone, nyetak barcode di pensil, sampai nyewa gojek banyak banget- karena perbedaan waktu antara Thailand dan Australia. Di sini ada Bank yang ikut diajak sama Lynn karena Bank hebat banget kalo menghapal (Bank dijebak sama Pat - tonton filmnya deh). Bank yang juga anak miskin (ibunya usaha laundry) jadi ikut kegiatan nyeremin ini.


Mereka berdua dengan kecenya pergi Australia berdua (hooh, serius - mungkin karena asas, udahlah mereka pinter gitu pasti bisalah ke luar negeri dan langsung ngerjain tesnya). Ini klimaksnya coyy, jadi mereka ketahuan. Inilah hubungannya kenapa saya nulis peribahasa di awal, terjawab sudah. Tapi nasi sudah menjadi bubur - bala-bala yang ada di Thailand sukses ngerjain STIC. Tapi mereka berdua jadi masuk daftar hitam dan gak bisa kuliah di luar negeri. Bank lebih ngeri lagi, dia harus keluar dari sekolah (Bank ketahuan duluan, si Lynn pura-pura ga kenal Bank) - mindblowing lagi kan, mereka sama-sama dari Thailand masa panitianya gak curiga.

Part tersedih ada saat Lynn menghapus poto berdua dengan Bank saat mau diinterogasi. Padahal mau ada benih-benih saling suka waktu mereka naik kapal di Australia, dan Banknya juga manggut-manggut aja buat ngasih kode ke Lynn, “Ayo berpura-pura tak saling kenal” ((TRAGIS)). Part paling romantis saat mereka berdua berbagi earphone untuk denger musik klasik (MUSIK KLASIK LAGEEE…..ganas….!!!).



Endingnya kerenn, tiap orang yang nonton akan menginterpretasinya beda-beda. Pasti ada pertanyaan, “Lohh kok gini si,” yang menyembul untuk diucapkan. Angkat topi untuk sutradara Nattawut Poonpiriya yang apik ngegarapnya, kata saya sih serba pas. Meski ada beberapa part yang gak masuk akal, but masih bisa dimaafkan lah. Ceritanya beda aja dari kebanyakan film-film Thailand, sineas-sineas Thailand bagus-bagus lho serius. Tapi pada ikut-ikutan tren dan jarang punya ide segar kayak gini. Paling suka sama si Lynn, muka seriusnya dari awal sampe akhir bikin ga kedip. Apalagi waktu iket rambut ke belakang, pasti mau mikir out of the box nih. Jadi tahu si Lynn ini aslinya model, pantes aja muke-mukenya tuh muke editorial banget. Bank yang karakternya tuhh..hmmm.. bikin gemes, kadang kita bisa suka dia, tapi kadang kita jadi benci sama dia karena nyebelin disaat yang tidak tepat, dan sosok Nonkul pas banget meranin Bank ini. Mereka berdua bisa jadi aktor-aktris kece masa depan perfilman Thailand. Pat dan Grace sejoli dodol modal duit doang juga bagus aktingnya. Mereka berempat menampilkan performance yang kece dan asyik banget.





https://www.instagram.com/badgeniusmovies/?hl=id

Film ini dibuat serius banget, jarang ada sense komedinya karena ya film ini film serius yang katanya based on true events. Buang-buang jauh pikiran untuk memersatukan Lynn dan Bank, karena ide ceritanya memang bukan itu. Tak ada tuh menye-menye seperti kebanyakan film remaja. Ini tuh lebih real dari kehidupan sesungguhnya apalagi seputar ide contek-menyontek dan ditambah film ini memodifikasinya dengan sungguh ruuaaaarrrr biasaaaah. Jadi kesel sendiri kalo shoot camera nya tuh bikin kita ikut tegang karena seolah-olah kite ada di sana dan ikut tes -nyontek pula #astaghfirullah. Sinematografinya bersih dan kece, scoringnya lebih-lebih deh bagus banget, kita ikut dibawa ke perasaan menegangkan dan adrenalin kita jadi up up up. Tak heran rotten tomatoes ngasih skor 92% dengan rata-rata 7.5/10. https://www.rottentomatoes.com/m/bad_genius/

Film ini mengajarkan kita bahwa jawaban pilihan ganda bisa bikin adem panas dan jantung berdegup begitu kencang #apasi. Sekali lagi, Bad Genius jadi tontonan asyik, menegangkan, dan seru. Film berdurasi 130 menit ini menang kategori Best Feature di New York Asian Film Festival 2017, kecee ihh. Wajib ditonton pokonya! 8.5/10


You Might Also Like

0 comments