Catatan di Polewali Mandar #6



Akhirnya bangunan SMA sudah jadi!
Sejak Januari lalu, bangunan SMA Negeri 2 Campalagian sudah bisa ditempati. Hal ini menandakan bahwa proses belajar-mengajar akhirnya bisa dimulai sejak pagi hari. Terlebih tidak “menumpang” lagi di SMP Negeri Satu Atap Katumbangan di mana semester I kemarin proses belajar-mengajar dilaksanakan di sana. Meski belum 100%, yang terpenting ruang kelas bisa ditempati untuk belajar. Meja kursi juga sudah tersedia karena mulai diantar ketika libur semester I. Meski belum sepenuhnya layak dihuni, namun keterbatasan tidak akan menyurutkan niat siswa-siswi untuk belajar. Setelah selesai, kami harus berjibaku untuk membersihkan entah itu kaca atau lantai dari semua bangunan. Dikarenakan masih ada cat yang menempel di kaca dan di lantai, sehingga kami harus membersihkannya. Bahkan kami harus menggunakan cairan seperti bensin atau tiner agar cat yang menempel bisa hilang.


 Jalan Masuk ke SMA Negeri 2 Campalagian

 Identitas Sekolah yang Masih Sederhana

Ruang Laboratorium

 Ruang Kelas

 Ruang Tata Usaha

Ruang Kelas

 Ruang Guru
 Ruang Tata Usaha
 Ruang Perpustakaan di Pojok


SMA Negeri 2 Campalagian baru ada 5 bangunan utama, terdiri dari: ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang guru, ruang tata usaha, dan ruang kelas (ada 3 kelas dalam satu bangunan). Meski begitu, lapangan sekolah cukup seadanya, masih dengan rumput yang lebat tapi kami tetap melaksanakan upacara tiap hari senin.  Bahkan tiang bendera pun hanya dari bambu yang di cat putih. Semua masih sederhana bel sekolah dari besi entah potongan apa. Listrik hanya ada di ruang tata usaha dan kamar mandi yang belum ada airnya, sehingga jika siswa ingin buang iar harus ke masjid depan sekolah atau rumah warga sekitar. Jangan terkejut jika banyak sapi masuk ke area sekolah, ya di satu sisi sapi makan rumput di area sekolah, di satu sisi sekolah ini belum memiliki pagar pembatas atau pintu gerbang.

Aku tahu bahwa semua itu membutuhkan proses yang panjang. Meski baru ada 50-an siswa, aku yakin jika kelak sekolah ini akan memliki banyak murid. Tinggal 6 bulan lagi aku di sini, kelak aku pasti akan mengingat bahwa aku pernah menjadi bagian dari sekolah ini. Tahu bagaimana sekolah ini dibangun, tahu bagaimana proses awal-awal sekolah ini memulai aktivitas belajar-mengajar, tahu dilaksanakan upacara pertama kali, tahu siswa angkatan pertama, dan OSIS generasi pertama. Aku akan tahu semua itu, dan akan kuingat dalam memori jangka panjang ini.


You Might Also Like

0 comments